hardskill penentu sukses

Hardskill ini Kunci Penentu Kesuksesan

Hardskill – Didalam dunia kerja kita sering mengenal berbagai macam istilah termasuk hardskill dan soft skill. Pada dasarnya setiap manusia itu mempunyai hardskill dan soft skill yang berbeda – beda. Perbedaan itu bisa disebabkan oleh proses yang dilalui manusia itu sendiri.

Kita Ambil Contoh ada seorang pedagang jelas mempunyai hard skill berupa kemampuan untuk berhitung. Dengan kemampuan berhitung, para pedagang itu bisa menentukan harga barang yang akan dijualnya. Sebagai contoh lagi, seorang petani juga mempunyai hard skill berupa kemampuan untuk mengelola sawah. Selain itu para petani juga mampu untuk memilih bibit yang unggul, penanganan terhadap hama dan lain – lain.

Pada anak yang baru saja lulus TK misalnya, merekapun juga mempunyai hard skill berupa kemampuan membaca, kemampuan berhitung atau pengetahuan – pengetahuan yang mereka dapatkan selama sekolah. Begitupun juga dengan mereka – mereka yang baru selesai sekolan di tingkat SMP maupun SMA, ataupun para sarjana yang baru saja lulus.

Pengertian HardSkill

pengertian hardskill

Hard skill adalah kemampuan atau keahlian dasar manusia yang didapatkan dari pendidikan formal ataupun nonformal. Hardskill meliputi dari teori dan juga praktek dilapangan. Hard skill bisa juga berarti kempuan akademik seseorang. Hard skill ini bisa langsung dibuktikan walaupun harus melalui serangkaian test.

Sebagai contoh, ketika seorang anak yang lulus dari TK dan akan melanjutkan pendidikan di bangku SD mereka setidaknya akan ditest membaca. Ketika seorang anak tersebut berhasil membaca dengan benar apa yang tertulis, maka itu sudah membuktikan bahwa dia mempunyai kemampuan untuk membaca.

Hard skill ini sangat luas, dan akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. Sebagai contoh, pada profesi pedagang. Seperti yang dituliskan sebelumnya seorang pedagang jelas mempunyai hard skill berupa kemampuan untuk berhitung. Namun hal itu bukanlah satu – satunya yang diperlukan di jaman sekarang ini. Jika dulu pedagang dalam skala kecil umumnya menjual barang dagangannya di toko atau di pasar – pasar.

Seiring perkembangan jaman, kemampuan berhitung saja sangatlah tidak cukup bagi para pedagang. Perkembangan dunia informasi juga berdampak bagi para pedagang. Mereka juga harus mengikuti perkembangan di dunia informasi.

Karena di jaman sekarang ini, pasar dan juga toko juga bisa bersifat virtual. Kita tidak asing dengan berbagai macam Online Shop di Indonesia. Segala jenis barang ada disana. Para pedagang jika tidak melakukan upgrade pengetahuan dan juga hard skill maka mereka akan tertinggal.

Dengan maraknya olshop di Indonesia kemudahan berbelanja bagi konsumen jelas terjadi. Para pedagang tidak harus berada di pasar ataupun toko setiap hari. Mereka bisa memantau lapak virtual mereka dari rumah. Bahkan para pedagang tersebut tidak harus memiliki barang untuk dijual secara langsung.

Mereka bisa memasarkan produk dari pedagang lainnya untuk di pasang di lapaknya. Memang sangat mudah jika kita menguasai ilmunya atau hard skillnya. Upgrade hard skill memang selalu harus dilakukan oleh semua orang dengan profesi apapun.

HardSkill menurut para ahli

Menurut Alison Doyle hardskill adalah kemampuan yang bisa dipelajari, diukur dan juga bisa dievaluasi. Alison doyle adalah seorang pakar atau ahli dibidang perkembangan karir. Dia juga menyebutkan bahwa sangat sering bagi sebuah perusahaan melihat kualitas hard skill calon karyawannya. Bahkan untuk mewujudkan hal itu, perusahaan – perusahaan itu melakukan serangkaian test yang ketat.

Hard skill memang bisa dipelajari oleh siapapun asalkan mempunyai kewarasan akal. Otak manusia diciptakan dengan ratusan juta neuron, sangatlah mustahil jika seorang manusia pada usia produktif tidak mampu mempelajarisesuatu. Kecuali memang dia tidak memiliki kewarasan akal atau GILA. Selama ada kemauan untuk terus berkembang, maka semua ilmu masih bisa dipelajari.

Hard skill bisa diukur dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan hard skill seseorang. Kita bisa mengambil contoh di dalam sekolahan. Di masing – masing sekolahan pasti ada yang namanya ujian. Entah itu ujian akhir semester atau ujian tengah semester. Pada pelajaran matematika tidak semua siswa mendapatkan nilai yang sama. Jika nilainya sama maka itu bukan ujian, tapi mengerjakan soal bersama – sama.

Dalam ujian mata pelajaran matematika ada yang mampu mengerjakan semua soal dengan benar, bahkan ada juga yang tidak mampu sama sekali. Itu menandakan bahwa kualitas hard skill seseorang bisa diukur atau dinilai. Tentu saja hal ini berfungsi untuk membedakan kualitas hard skillmasing  masing manusia.

Hardskill memang bisa dievaluasi untuk meningkatkan hard skill yang dimiliki oleh seseorang. Namun bagi saya pribadi itu adalah teori yang sangat nyata, walaupun ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi dalam proses evaluasi. Saya mengambil contoh pada saat saya sekolah SD antara tahun 1990 – 1996.

Waktu itu menggunakan sistem CAWU untuk menentukan hasil belajar siswa atau siswi. Sejak kelas 1 sampai kelas 6 cawu 2 rangking 1 dan 2 hanya didominasi oleh dua orang siswa bernama David dan Akhmad. Dan saya sendiri sudah cukup puas dengan selalu masuk 10 besar saat itu. Alhasil sampai luluspun tetap seperti itu. Karena saya tidak mempunyai kemauan yang cukup kuat untuk menggeser David dari rangking 1.

Berbeda halnya dengan teman saya yang bernama Hanif. Hanif hampir sama seperti saya selalu masuk 10 besar di kelas walaupun posisinya selalu diatas saya. Saat saya berada di rangking 9 dia berada di rangking 7, atau saat saya berada dirangking 7 dia berada di rangking 5.

Hal yang mengejutkan akhirnya terjadi pada saat pengumuman hasil Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional atau dulu disebut dengan istilah Ebtanas.Semua orang bahkan para guru dan kepala sekolah saat itu tidak menduga bahwa peraih Daftar Nilai Ebtanas Murni atau DANEM tertinggi adalah HANIF. Sampai saat ini banyak pihak yang menilai bahwa hal itu adalah keberuntungan Hanif.

Namun hal itu tidak berlaku bagi saya. Saya ingat betul bagaimana perjalanan Hanif saat itu. Setelah menerima raport dia tidak lantas langsung menghabiskan waktu buat bermain. Dia sering melakukan evaluasi terhadap nilai yang didapatkan saat menerima hasil Ujian. Bahkan dia melakukannya bukan dengan tujuan untuk menggeser posisi David dan Akhmad.

Hanif melakukan evaluasi untuk kepentingan kemampuannya sendiri. Sebaliknya bagi David dan juga Akhmad hasil DANEM itu adalah sebuah tamparan yang sangat keras bagi mereka. Saya yakin mereka berdua tidak memperhitungkan Hanif karena rangking terbaik hanif adalah rangking 5. Atau bisa jadi evaluasi yang mereka lakukan tidak sekeras Hanif. Hal ini sekaligus menjadi bukti hard skill bisa diupgrade dengan bergantung pada niat dan usaha manusia itu sendiri.

Hard Skill yang banyak dibutuhkan 2020

hardskill yang dibutuhkan tahun 2020

Setelah kita banyak mengupas tentang pengertian hard skill sampai definisi hard skill oleh para ahli, kali saya mencoba untuk mengambil kesimpulan hard skill yang paling dibutuhkan ditahun 2020.

  • Hardskill Manajemen data

Data adalah sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan ataupun instansi. Dengan data biasanya mereka bisa melakukan analisa untuk menentukan segala sesuatu. Tanpa data yang akurat mustahil sebuah perusahaan ataupun instansi akan terus berkembang.

Peran data sangatlah vital terhadap hasil analisa. Tidak jarang di setiap perusahaan penyajian datanya begitu detail. Misalnya dalam periode waktu 01 Januari 2019 – 31 Desember 2019 mereka mempunyai data tentang masing  masing karyawan dalam kurun waktu tersebut.

Lebih jauh lagi mereka punya catatan dalam kurun waktu tersebut berapa menit total karyawan yang bernama X datang terlambat. Atau jumlah Jam kerja karyawan bernama Y dalam kurun waktu diatas berapa jam.

  • Hardskill Komputer

Komputer memang tidak bisa dipisahkan dalam dunia pekerjaan di era seperti sekarang ini. Komputer ditangan orang yang ahli dapat membuat pekerjaan semakin cepat dan efisien. Jika kita melihat iklan lowongan di media cetak ataupun elektronik rata – rata persyaratan yang disebutkan adalah bisa mengoperasikan komputer. Ini menunjukan bahwa hard skill atau ilmu komputer itu sangat penting di dalam dunia kerja saat ini.

  • Riset dan Percobaan

Riset dan percobaan ini mempunyai fungsi untuk menyesuaikan terhadap hal – hal yang bersifat baru ataupun jawaban terhadap sebuah evaluasi. Hal ini ini sangatlah diperlukan untuk setiap perusahaan. Misalnya disebuah perusahaan yang memproduksi barang.

Hasil evaluasi terhadap suatu barang menunjukkan beberapa kelemahan barang tersebut, sehingga tidak begitu laku di pasaran. Maka perusahaan melalui tenaga ahli pasti akan melakukan riset dan percobaan dengan tujuan agar barangnya bisa laris dipasaran.

Riset dan percobaan ini juga bisa menghasilkan gagasan atau ide terhadap barang  barang baru yang tidak pernah diproduksi sebelumnya.

  • Mengelola Keuangan

Pengelolaan keuangan di setiap perusahaan menjadi salah satu hal yang vital untuk perkembangan dan kemajuan perusahaan tersebut. Pengelolaan keuangan yang salah bisa mengakibatkan sebuah perusahaan rugi atau bahkan bangkrut. Sebaliknya pengelolaan keuangan yang baik akan menyebabkan perusahaan terus berkembang.

Saya ambil contoh pengelolaan keuangan dalam lingkup kecil. Seorang karyawan misalnya mendapatkan gaji perbulan 5 juta rupiah. Sedangkan pengeluarannya sebulan juga 5 juta rupiah maka harus segera dilakukan evaluasi terhadap masalah pemasukan dan pengeluaran.

Karena jika dalam waktu 1 bulan mendapat uang 5 juta dan habis digunakan dalam waktu 1 bulan dan hal itu berlangsung terus menerus, maka ada yang salah dalam pengelolaan keuangan. Apabila ada hal – hal tak terduga yang terjadi maka karyawan tersebut tidak mempunyai cadangan uang. Dan asset karyawan tersebut tidak akan bertambah.

Dan itulah beberapa contoh hardskill yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan – perusahaan ditahun 2020 ini. Nama – nama yang saya tuliskan diatas dalam kisah saya waktu saya SD adalah nama – nama yang sengaja saya samarkan, sedangkan untuk kisahnya itu adalah kisah yang nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *